Jual Murah Lactose di Jakarta

Laktosa adalah bentuk disakarida dari karbohidrat yang dapat dipecah menjadi bentuk lebih sederhana yaitu galaktosa dan glukosa. Laktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan. 

Susu adalah salah satu minuman yang memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya sehingga bagus dikonsumsi, tak hanya oleh anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Sayangnya tak semua orang bisa mengonsumsi susu dengan leluasa karena dalam susu terdapat kandungan laktosa yang bagi sebagian orang tidak bisa ditoleransi dengan baik oleh tubuh mereka. Kondisi tersebut dinamakan intoleransi laktosa.

Laktosa merupakan karbohidrat utama yang terkandung dalam susu serta produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Kandungan karbohidrat ini terdiri dari glukosa atau gula dan galaktosa.

Laktosa memiliki peranan dalam penyerapan kalsium dan mineral lainnya. Tak hanya itu saja, laktosa juga bisa menjadi prebiotik alami bagi saluran pencernaan. Kadar laktosa dalam susu hewan seperti susu sapi, kambing, hingga domba sangatlah tinggi. Sedangkan untuk kandungan laktosa dalam susu nabati jauh lebih rendah, bahkan ada yang tidak memiliki kandungan laktosa sama sekali.

Menurut jurnal yang berjudul Lactose Intolerance, Dairy Avoidance, and Treatment Options dijelaskan bahwa intoleransi laktosa ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan enzim laktase.

Hal ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti diare, mual, sakit perut, hingga kembung setelah mengonsumsi makanan yang terdapat kandungan laktosa di dalamnya. Situasi seperti ini membuat orang yang memiliki intoleransi laktosa terpaksa harus mengonsumsi susu rendah laktosa atau susu bebas laktosa. Intoleransi laktosa memiliki banyak jenisnya, tapi secara umum terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder.

Jika orang memiliki intoleransi laktosa primer, mereka bisa mengonsumsi susu rendah laktosa karena penyebab intoleransinya adalah karena faktor genetik hingga pertambahan usia. Sedangkan tipe kedua adalah intoleransi laktosa sekunder yang disebabkan oleh penyakit tertentu sehingga hanya bisa mengonsumsi susu bebas laktosa.

Layaknya susu pada umumnya, susu rendah laktosa juga memiliki kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda di dalamnya sehingga bisa mendapatkan manfaat jika rutin mengonsumsinya.

Ada beberapa manfaat susu rendah laktosa yaitu :

  • Bagus untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
    Susu rendah laktosa mengandung kandunga vitamin D dan kalsium yang sangat tinggi. Dalam satu gelas susu rendah laktosa ini bisa memenuhi hampir 30% lebih kebutuhan kalsium harisan dan 25% kebutuhan vitamin D harian. Tentu saja hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan dan bisa menjaga kesehatan tulang serta gigi. Selain itu, susu rendah laktosa juga memiliki rasa yang lebih manis. Dalam susu rendah laktosa terdapat penambahan enzim laktase sehingga mampu memecah laktosa menjadi dua jenis gula sederhana yakni glukosa dan galaktosa.

  • Menjaga Kesehatan Hati
    Kandungan lemak yang berlebihan pada susu bisa membuat kerja hati menjadi lebih keras. Dengan susu rendah laktosa ada kandungan mineral yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga tekanan darah tetap stabil. Ditambah lagi ada kandungan potasoum yang bisa menyeimbangkan kadar sodium dalam darah.

  • Bisa Menjaga Sistem Pencernaan dengan Baik
    Orang yang memiliki intoleransi laktosa sangat rentan terhadap beragam penyakit pencernaan seperti mual, perut kembung, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi susu rendah laktosa, sistem pencernaan bisa terjaga dengan baik karena kandungan laktosanya rendah sehingga tak perlu mengalami masalah pencernaan lagi setelah mengonsumsi susu.

  • Menjaga Kesehatan Massa Otot
    Dalam susu rendah laktosa mengandung protein lengkap. Di setiap gelasnya, ada kandungan protein sebanyak 8 gram dan juga asam amino yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan otot dan sistem saraf

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Jika sistem pencernaan tubuh bisa terjaga dengan baik, pastinya tubuh bisa dengan mudah menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Selain itu di dalam susu rendah laktosa juga terdapat banyak kandungan nutrisi seperti beragam vitamin dan mineral yang pastinya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

 Cek disini https://www.rajabahankimia.com/product/lactose-leprino-p867247.aspx